Dosen : Ratna Mutu Manikam S.kom,MT
Jam : 16:00 WIB
Ruang : D-403
Definisi Franchise
Franchising (waralaba) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Menurut Asosiasi Franchise Indonesia yaitu suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu. Franchising juga dapat diartikan sebagai suatu konsep pemasaran untuk memperluas jaringan usaha secara cepat.Jadi Franching bukan suatu alternatif melainkan suatu cara yang sama kuat,sama strategi dalam pengembangan usaha.
Proses Bisnis Franchise
Bisnis waralaba dimulai dari keberhasilan usaha dari franchisor. Melalui format bisnis waralaba, franchisor akan menularkan keberhasilan usahanya kepada franchisee.Sebelumnya franchisor sudah melakukan dan membuat suatu formulasi sesuai dengan pengalamannya. Setelah berhasil menguji konsep tersebut bisa berjalan dan bisa direproduksi di lebih satu lokasi, franchisor kemudian menawarkan waralaba tersebut kepada calon franchise. Dengan demikian kemungkinan kegagalan dari pengusaha pemula bisnis waralaba dapat ditekan, karena format dan pola manajeman sudah teruji dengan baik.
0 komentar:
Posting Komentar